Semua manusia memiliki kapasitas waktu yang sama yakni 24 jam
setiap harinya. Perbedaan antara orang sukses dan orang yang belum sukses dapat
dilihat dari caranya mengatur waktu. Bahkan beberapa orang menganggap waktu
adalah uang. 1 hari terdiri dari 24 jam atau setara dengan 1440 menit atau jika
dikonversi dalam bentuk detik menjadi 86.400 detik dan anda adalah detik-detik
yang telah berlalu. Berikut beberapa cara mengatur waktu dengan efektif dan
efesien.
1. Tentukan Skala Prioritas
Bagi aktivitas anda ke
dalam 4 bagian. Aktivitas (A) untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat penting dan
mendesak. Kerja atau kuliah, misalnya. Aktivitas (B) untuk kegiatan kegiatan
yang sifatnya penting tapi tidak mendesak, contohnya menulis. Aktivitas (C)
untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya tidak penting tapi tidak mendesak. Menonton
bola adalah kegiatan yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi mendesak,
mengingat jadwalnya yang hanya seminggu sekali. Aktivitas (D) untuk
kegiatan-kegiatan yang bersifat tidak mendesak dan tidak penting, bermain game
contohnya. Lakukanlah kegiatan anda sesuai dengan skala prioritas.
2. Buat Jadwal Kegiatan
Untuk lebih efektif dan
efesien, buatlah jadwal kegiatan. Baik itu jadwal kegiatan bulanan, mingguan
apalagi harian. Hal ini bertujuan agar anda tahu apa yang harus didahulukan.
3. Disiplin
Bersikaplah disiplin dan
tegas pada diri anda sendiri. Manfaatnya juga dapat anda rasakan sendiri. Jangan
menunda-nunda kegiatan, itu hanya akan membuat pekerjaan anda menumpuk. Mata rantai
kebiasaan terlalu mudah untuk kita ciptakan, namun terlalu sulit untuk kita
tinggalkan. Ciptakan kebiasaan baik sebagai ganti kebiasaan buruk.
4. Realistis
Jangan menargetkan untuk
melakukan seribu kegiatan sementara sumber daya energy, pikirkan dan waktu yang
anda punya terbatas adanya.
5. Kombinasi Kegiatan
Jika anda dapat melakukan
dua atau lebih kegiatan dalam satu waktu itu akan jauh lebih efektif dan
efesien. Memasak sambil mendengar ceramah atau motivasi, pokonya
pintar-pintarlah mengombinasikan kegiatan selama kegiatan itu memang dapat anda
kombinasikan.
6. Temukan Delegasi
Untuk kegiatan-kegiatan yang
prioritasnya bersifat (C) atau (D), dapat anda delegasikan kepada sekertaris
atau teman anda. Hal ini dilakukan jika anda benar- benar tidak punya cukup
waktu lagi untuk melakukannya. Carilah delegasi yang handal dan terpercaya.
Cocok untuk saya sendiri 6 Cara Mengatur Waktu Dengan Efektif, terimakasih Nadia Siti ...
BalasHapus